KPU Barut Laksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pilkada 2018

oleh

www.indonesiaexpres.com | BARITO UTARA –  Sebelumnya rekapitulasi pada tingkat Kecamatan,  seluruhnya telah dilaksnaakan. Kemudian dilakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara pada tingkat Kabupaten yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, pada Kamis (5/7/2018).

Adapun hasil rekapitulasi hasil pemghitungan suara pada pemilihan bupati dan wakil untuk periode tahun 2018-2023 adalah pasangan H. Nadalsyah – Sugianto Panala Putra memperoleh suara 39.355 sedangkan Taufik Nugraha – Ompie Herby memperoleh suara 17.696.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Barito Utara, H. Alamsyah mengatakan kepada awak media, pelaksanaan rekapitulasi penghitungan disaksikan oleh para saksi pasangan calon. Serta diawasi oleh panwas.

Rapat pleno ini juga dilakukan penjumlahan data dari seluruh Kecamatan dalam wilayah Kabupaten dalam formolir dan dituangkan  dalam berita acara.

Alamsyah menambahkan,  dalam pleno rekapitulasi juga hanya disaksikan oleh saksi pasangan H. Nadalsyah – Sugianto Panala Putra,  sedangkan saksi pasangan Taufik Nugraha – Ompie Herby tidak hadir.

Ditegaskannya,  kendati saksi Taufik Nugraha tidak hadir,  namun hasil pleno syah sesuai dengan ketentuan dan ini dibuat berita acara yang ditanda tangani antara Komisi Pemilihan Umum,  Panwas dan saksi pasangan.

Dijelaskannya,  hasil pleno ini nantinya akan diumumkan pemenang pilkada setelah tiga hari jam kerja. Akan tetapi karena Sabtu dan Minggu besok libur,  maka dilaksanakan pengumuman pada Selasa 10 Juli 2818.

Pengumuman ini juga menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi,  apakah ada gugatan atau tidak,  bila tidak maka KPU melaksnaakan pengumuman pemenang. Bila ada gugatan,  maka akan ditunda pengumuman pemenangan.

” jadi pengumuman sesuai dengan ketentuan, selama tiga hari setelah pleno. Tapi kita juga menunggu dari mahkamah konstitusi, “pungkasnya. [A2/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *