Akibat Postingan Akun Di Facebook Melecehkan LSM “Di Laporkan Ke Aparat Hukum

oleh

INDONESIAEXPRES.COM | PALANGKA RAYA  29/10/2018, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kalimantan Correction Word (KCW) “Rilaltu Pinehas Silam bersama beberapa rekan dari beberapa LSM yang ada di Kalteng dan juga beberapa masyarakat Terkait melaporkan ke Polres Katingan atas tindak dugaan pelecehan terhadap Organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) pelecahan lembaga dilakukan melalui medsos Facebook di dalam group kabar Katingan pelaporan diserahkan pada hari Minggu tanggal 28 Oktober 2018.

Saaat wartawan indonesiaexpres.com wawancara kepada Dewan Pimpinan Pusat Kalimantan Cerruption Watch DPP – KCW Rilaltu Pinehas Silam mengatakan “kami keberatan terhadap penghinaan melalui postingan di media sosial yang ada dalam facebook group kabar Katingan, yang mengatakan bahwa LSM (lembaga suka minta) dan tulisan lainya yang sifatnya sangat menyudut lembaga-lembaga yang ada di kalteng.

Tulisan yang dikeluarkan melalui Facebook tersebut dapat diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku karena kita melihat bahwa cara membuat statement yang dikeluarkan melalui Facebook tersebut cukup melecehkan lembaga swadaya masyarakat mengingat bahasa yang dikeluarkan di situ ada bahasa yang mencakup kata-kata yang bersifat jorok, menghina, pencemaran nama baik dan melecehkan.

Tambahkan lagi berdasarkan UUD NO 11 tahun 2008 Tentang Undang –Undang Informasi Transaksi Elektronik (UUITE) Beberapa materi perbuatan yang dilarang (cybercrime) yang diatur dalam UUITE, antara lain: 1. konten ilegal, yang terdiri dari, antara lain: kesusilaan, perjudian, penghinaan/pencemaran nama baik, pengancaman dan pemerasan (Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UUITE).

Dalam hal ini Tentu sangat besar pengaruhnya pada Lembaga Swadaya Masyarakat  (LSM) yang ada di kalteng dan nasional karena suatu pelecehan suatu lembaga atau perorangan sangat berpengaruh pada dewan pengurus yang ada pada suatu organisasi atau suatu lembaga.

Dari tulisan yang di muat ke akun facebook jelas sekali menyebutkan dalam tanda kotif  seakan-akan terjadi di lapangan seperti yang mereka tulis sehingga banyak dari LSM merasa sangat di rendahkan “sementara apa yang terjadi tersebut tidak ada bukti kebenarannya, kami secara resmi Bersama rekan-rekan LSM lainnya melaporkan hal tersebut ke Polres Katingan,”ungkapnya.

Yang kami laporkan ke Polres Katingan atas dugaan telah melakukan penghinaan melalui postingan di facebook dalam akun group kabar Katingan yaitu Fahrudin kamipang, bunda zacky, Iwan Dayaen, Andreas, laporan kami sudah di sampaikan langsung ke Polres Katingan selanjutnya proses secara hukum akan berjalan dengan sendirinya.

[INDRA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *