Dandim 0104/Aceh timur Dampingi Tim Wasev Tinjau Lokasi Cetak Sawah Di Indra Makmu

oleh

indonesiaexpres.com | Aceh Timur – Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis dampingi Kolonel Inf Pramudya. AP dari Mabesad, melaksanakan peninjauan lokasi cetak sawah baru, yang bertempat di dua kecamatan yakni Indra Makmur dan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (14-03-2019).

Masing masing di Desa Blang Nizam, Kecamatan Indra Makmur seluas 30 Ha, Dusun Krueng Desa Peunaron Lama, Kecamatan Peunaron seluas 35 Ha.

Peninjauan medan untuk lokasi Cetak Sawah Baru (CSB) ini merupakan program kerja pemerintah tahun 2019, yang dikawal Kodim 0104/Aceh timur di Kabupaten Aceh Timur dengan luas CSB sebanyak 65 Ha.

Program Kerja Cetak Sawah Baru ini dilakukan oleh Kodim 0104/Aceh timur tahun 2019 diwilayah Kabupaten. Aceh timur, merupakan hasil keputusan bersama antara Kementerian Pertanian RI yang bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI – AD), ungkap Kolonel Inf Pramudya saat memberikan sambutannya dalam kegiatan tersebut.

Dalam pelaksanaan program cetak sawah ini sudah berlangsung sejak tahun 2015. Keterlibatan TNI dalam mencetak sawah sesuai dengan aturan Undang-Undang nomor 34 tahun 2004, khususnya terkait tugas operasi militer selain perang juga melakukan pendampingan dengan Kementan RI tersebut.

Sesuai dengan UU TNI nomor 34 tahun 2004, penjabaran tentang tugas operasi militer selain perang, ada 14 tugas lainnya yang harus dilakukan TNI. Salah satu membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan daerah.

Dandim 0104/Aceh timur juga mengatakan bahwa, sehubungan dengan peninjauwan medan untuk CSB tahun 2019 ini, diharapkan kepada para Kelompok Petani (POKTAN) selaku penerima manfaat dari CSB, turut mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan cetak sawah, agar kegiatan CSB dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

“Manfaat cetak sawah itu bukan hanya bagi pemerintah dalam rangka menciptakan swasembada pangan, akan tetapi program pemerintah dalam pelaksanaan CSB ini juga untuk menjamin kesejahteraan rakyat dalam menjamin ketersediaan sumber makanan pokok,” ujar Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis.

Lanjutnya, sehubungan dengan penggunaan alat berat dalam proses cetak sawah ini, dihimbau kepada masyarakat dan Poktan, khususnya yang menggunakan alat berat agar bersama-sama menjaga alat tersebut. Sehingga dalam proses CSB nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan kita bersama, “pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Unsur Muspika Kecamatan Indra Makmur, Babinsa Desa Blang Nisam, Geuchik Blang Nisam Rusli Usman, dan tokoh masyarakat serta masyarakat setempat tandasnya.( Zainal).

(Red/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *