Basmi Hama Wereng, Serka Bandi Bersama Poktan Jaya Makmur Lakukan Gerdal

oleh

indonesiaexpres.com | Tulungagung – Babinsa Desa Campurdarat Serka Bandi anggota Koramil 0807/09 Campurdarat Kodim Tulungagung melaksanakan pendampingan pertanian dalam rangka Gerakan Pengendalian (Gerdal) Hama Wereng bersama kelompok tani Jaya Makmur di Dusun Campurjanggrang Desa Campurdarat Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Rabu (27/03/2019).

Kegiatan yang baik ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebarluasan hama Wereng coklat yang menyerang tanaman padi di wilayah Campurdarat. Pengendalian dilakukan dengan cara menyeprotkan cairan pestisida secara serentak pada tanaman padi yang terserang penyakit.

Menurut Serka Bandi, kegiatan Gerdal yang dilakukan merupakan tahapan awal pencegahan yang bertujuan menghambat penyebarluasan hama wereng coklat yang menyerang tananaman padi milik masyarakat. Disamping itu juga bertujuan untuk mencegah padi gagal panen.

“Ini harus segera kita lakukan, sebab penyebaran hama begitu cepat dan apabila terlambat akan mengakibatkan kerusakan tanaman padi dan menyebabkan kematian tanaman padi hingga gagal panen.” jelasnya.

Selain Babinsa dan Poktan Jaya Makmur, pada kegiatan Gerdal tersebut juga dihadiri oleh Mantri pertanian Campurdarat bapak Darmawan, Koordinator penyuluh bapak Samsudin, Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) ibu Eni dan Koorlap Penyuluh bapak Agus.

(Red/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *