Dandim Tulungagung Pimpin Apel Simulasi Sispam Kota Pengamanan Pemilu 2019

oleh

indonesiaexpres.com | Tulungagung – Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar, S.I.P memimpin kegiatan Apel Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) dalam rangka menghadapi Pileg dan Pilpres tahun 2019 yang dilaksanakan di halaman Pemkab Tulungagung Jl. A. Yani Timur Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Kamis (28/03/2019).

Kegiatan Sispam Kota ini diikuti oleh ratusan personel yang merupakan gabungan dari anggota Polres Tulungagung, Kodim 0807/Tulungagung, Satpol PP, Pemkab Tulungagung, Pertahanan sipil, Kecamatan dan Kelurahan/Desa. Unsur Forkopimda Tulungagung juga turut hadir sebagai undangan kegiatan yang sangat baik ini.

Kegiatan latihan Sispam Kota merupakan program dari Polda Jatim dan dilaksanakan oleh Polres Tulungagung dengan melibatkan seluruh instansi yang bertujuan untuk menciptakan kondisi yang kondusif, aman dan tertib saat pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun 2019.

Dengan adanya latihan simulasi ini diharapkan nantinya personil akan lebih mengerti akan tugas masing-masing dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan apabila menghadapi permasalahan.

Saat mengambil apel, Dandim membacakan amanat Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar, S.I.K yang mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah hadir dan bekerjasama dalam kegiatan latihan sistem kota di mana anggota Polres Tulungagung dengan melibatkan TNI dan instansi terkait akan memperagakan seluruh kegiatan dari mulai pengamanan kampanye saat pencoblosan dan penghitungan surat suara serta demonstrasi warga yang tidak puas dengan hasil penghitungan suara.

Lanjut ucap Dandim, Pemilu 2019 memiliki kerawanan yang cukup kompleks karena pemilih akan memilih 5 sekaligus dimana akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Hal ini diperlukan keseriusan untuk mengantisipasi jangan sampai timbul hal-hal yang tidak kita inginkan terkait potensi konflik yang mungkin akan timbul dalam pemilu 2019.

“Kita akan terus berkoordinasi secara intens dengan penyelenggara pemilu yaitu KPU terutama perkembangan DPT dan jumlah TPS hal ini berkaitan dengan mapping potensi kerawanan serta pola pengamanan yang akan kami terapkan dalam TPS dimana hal tersebut akan mempengaruhi terhadap suksesnya pelaksanaan pemilu 2019.” tutup Kapolres dalam amanat yang dibacakan Dandim.

(Red/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *