Kodam Jaya Gelar Komunikasi Sosial Dengan Keluarga Besar TNI

oleh

indonesiaexpres.com | Kodam Jaya – Cililitan. Kodam Jaya/Jayakarta menggelar Komunikasi Sosial dengan Keluarga Besar TNI (KBT) di Aula Sudirman Makodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur, Jumat (29/3/19).

Komunikasi Sosial ini bertujuan untuk memelihara sekaligus meningkatkan keharmonisan hubungan antara prajurit dan KBT.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan hubungan yang harmonis antara prajurit Kodam Jaya dengan Keluarga Besar TNI, serta untuk memiliki pemahaman yang sama tentang Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Pangdam Jaya dalam sambutannya yang dibacakan Kapok Sahli Pangdam Jaya Kolonel Inf Agus Gunawan.

Menurut Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, kegiatan itu juga sebagai sarana untuk menjalin komunikasi efektif serta berbagi pengalaman.

“Hal ini sejalan dengan tema acara yaitu “Melalui Silaturahmi dengan Keluarga Besar TNI, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, dalam rangka Membantu Kesulitan Rakyat serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI,” jelasnya.

Saat ini, situasi dan kondisi yang terjadi di tengah hiruk-pikuknya penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, menurut mantan Danjen Kopassus ini, menuntut semua pihak berusaha mendapatkan ragam informasi dan melakukan banyak interaksi, sehingga diperlukan Komunikasi Sosial sebagai sarana penyampaian informasi dan pola interaksi.

“Selain mendapatkan informasi yang komprehensif seputar persoalan bangsa, kita juga dapat bertatapan langsung dengan segenap komponen masyarakat yang pada akhirnya meraih solusi terbaik sebagai partisipasi aktif menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan. Kontribusi seperti ini benar-benar sangat kita butuhkan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Pandam juga berharap setiap pribadi bisa mengutamakan kebersamaan dibanding kepentingan pribadi atau sikap kesukuan.

“Mari kita lepaskan diri dari sikap dan pandangan primodialisme (perasaan kesukuan yang berlebihan), agar kita mampu bersama-sama berkarya dan berkontribusi positif dalam mengatasi kesulitan rakyat, sekaligus sebagai upaya mempertahankan kedaulatan NKRI,” ajaknya.

Sebagai penutup sambutannya, Pangdam meminta masukan dari setiap perwakilan yang hadir dalam kegiatan tersebut. “Saya sangat mengharapkan, bapak ibu perwakilan dari PPAD, PEPABRI, LVRI, PIVERI, PERIP, FKPPI dan para undangan lainnya berkenan menyampaikan saran dan masukan, ataupun pandangan dan solusi-solusi hingga di penghujung kegiatan nanti,” tutupnya.

Dalam acara yang sama, Asisten Teritorial (Aster) Kasdam Jaya Kolonel Inf Inf Jacky Ariestanto mengajak KBT untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Umum nanti.

“Kami (TNI) tidak memilih dan tidak berpihak serta jangan ragukan netralitas TNI. Jangan ragu-ragu untuk memilih, karena demi kemajuan bangsa dan negara dalam 5 tahun yang akan datang,” imbau Aster Kasdam Jaya.

(Red/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *