Jaga Kesuburan Tanaman, Serda Sugeng Dampingi Poktan Nuju Mulyo Matun Padi

oleh

indonesiaexpres.com | Tulungagung – Babinsa Desa Talun Kulon Serda Sugeng AP anggota Koramil 0807/11 Bandung Kodim Tulungagung melaksanakan pendampingan pertanian dengan menyiangi rumput pengganggu (matun padi) bersama Poktan Nuju Mulyo di Desa Talun Kulon Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Sabtu (30/03/2019).

Berbagai upaya khusus dilakukan oleh Babinsa melalui kegiatan pendampingan secara intensif dan berkesinambungan. Menyiangi rumput pengganggu tanaman padi merupakan salah satu bentuk pendampingan kepada para petani merupakan sebagai salah satu wujud nyata kepedulian Babinsa di sektor pertanian dalam rangka mensejahterakan petani. Kunci sukses para petani memperoleh hasil panen yang bagus dalam membudidayakan tanaman padi adalah adanya perawatan secara intensif.

Bersama petani, Babinsa membersihkan rumput yang mengganggu secara bersama-sama. Meskipun masih berseragam dinas, Serda Sugeng AP terlihat santai meski bergelut dengan lumpur sawah dalam kegiatan pendampingan matun padi. Semua jenis tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar tanaman padi dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan dapat menyebabkan penurunan hasil panen. Bahkan pada kasus yang serius, tak jarang dapat membuat petani gagal panen.

Matun padi merupakan salah satu cara merawat tanaman padi agar dapat tumbuh subur, dengan matun diharapkan dapat melenyapkan rumput yang tumbuh di sekitar tanaman padi. Kegiatan pembersihan rumput seperti ini merupakan pekerjaan wajib dan rutin yang harus dilakukan oleh para petani saat pemeliharaan tanaman padi.

Menurut Serda Sugeng AP, kegiatan pendampingan seperti turun ke area persawahan dan mulai membersihkan tanaman pengganggi padi dengan tangannya sebagai wujud kepeduliannya serta peranannya sebagai aparat teritorial pembina desa. Ia menyebutkan bahwa keberhasilan panen para petani merupakan kebanggaan tersendiri untuknya yang secara tidak langsung keberhasilannya dalam pendampingan serta pembinaan kepada para petani.

“Kami Babinsa, akan terus lakukan pendampingan kepada para petani karena keberhasilan panen para petani merupakan kebanggaan bagi kami sebagai aparat teritorial pembina desa.” tutup Serda Sugeng AP.

(Red/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *