Himpunan Dayak Menolak Terbentuknya KKIM di Kalteng

oleh

indonesiaexpres.com | Palangka Raya – Penolakan masyarakat Kalteng mau masuknya KKIM di Kalteng menuai aksi oleh beberapa Ormas dan masyarakat di provinsi Kalimantan Tengah aksi para pendemo didepan Istana Isen Mulang Kota Palangka Raya.

Aksi damai yang dilakukan oleh himpunan masyarakat Kalteng, aksi oleh para pendemo yang di selenggarakan di depan istana isen mulang tersebut menolak terbentuknya dan di sahkannya  Kerukunan Keluarga Itah Madura (KKIM) di Kalimantan Tengah. Sehingga dalam aksi itu mereka membuat petisi yang ditandatangani bersama diatas spanduk besar untuk di serahkan kepada Kepala Kesbangpol Provinsi Kalimantan tengah Agus Pramono.

” Kita juga akan menyampaikan petisi tersebut kepada Kepala Kesabangpol Provinsi Kalimantan tengah Agus Pramono untuk tidak mengesahkan legalitas KKIM tersebut,” kata Ketua Aksi Damai Kapakat Dayak Ducun Helduk Umar Selasa (2/4/2019).

Karena menurut Ketua Aksi Damai Kapakat Dayak Ducun Helduk Umar mengatakan karena dalam KKIM tersebut tercantum kata itah. Karena kata itah merupakan kata bahasa dayak yang artinya (kita) sehingga menjadi permasalahan dengan masyarakat suku dayak Kalteng.

Karena dalam pemakaian kata ITAH tersebut harus ada musyawarah besar dan kesepakatan bersama. Sehingga pihak manapun tidak ada yang boleh mengklaim hal tersebut.”katanya. (Hardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *