Asintel Danpasmar 3 Hadiri Pemusnahan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK)

oleh

Jakarta – Asisten Intelijen Komandan Pasmar 3 (Asintel Danpasmar 3) Kolonel Marinir Ferdy E Takaendengan, mewakili Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos., M.M. menghadiri pemusnahan terhadap Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) di Kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas-I Sorong Jl. Selat Sunda (Komplek Bandara Deo), Kota Sorong, Papua Barat. Rabu (09/10/2019)

Dalam sambutannya, Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas-1 Sorong  drh. I Wayan Kartanegara antara lain menyampaikan bahwa Stasiun Karantina Pertanian (SKP)  Sorong telah melakukan pengawasan terhadap segala bentuk media yang berasal dari luar negeri baik itu berupa tanaman atau benih Holtikultura, hal itu telah dilakukan penyitaan berupa Teh asal Sanghai Cina, Daun kering asal Malaysia, Benih Malaysia, Taiwan dan Buah Kurma asal Saudi Arabia, tanaman Holtikultur asal Singapura yang tanpa dilengkapi dokumen guna mencegah penyebaran penyakit dari luar.


Oleh karena itu perlunya bekerja sama untuk bersama-sama menjaga agar penyebaran penyakit melalui produk-produk /media tersebut dapat kita hambat bersama. Diharapkan seluruh instansi mengajak untuk bergandengan tangan guna mengatasi permasalahan tersebut, karena tugas ini tanpa adanya kerjasama antar instansi terkait maka SKP Sorong tidak dapat bekerja dengan maksimal, hal ini bertujuan untuk memberikan kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat di tanah Papua.

Adapun OPTK yang dimusnahkan diantaranya, Teh kering dari Cina 2 Kg, Benih bunga matahari dan bunga tulip 0,010 Kg, Daun kering dari Malaysia 0,165 Kg, Benih bunga dan sayuran dari Malaysia 0,026 Kg, Benih bunga dan sayuran dari Taiwan 0,012 Kg, Buah Kurma muda dan Kurma kering dari Arabia 16.405 Kg.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala SKP Kelas-1 Sorong Drh.I Wayan Kartanegara,  Asintel Danpasmar 3 Kolonel Marinir Ferdy E Takaendengan, Kepala KPPBC TMP C Sorong Bambang Eko Prawinestyono, Kapolsek Bandara Kota Sorong Iptu Pol Ikraman MS, S.H., Paidik Pomal Lantamal XIV Lettu Laut (PM) Sukardi, Perwakilan POM TNI AD Letda CPM Ibnu, Danpos Ramil Sorong Manoi Pelda  Pandapotan K. Siregar, dan Pelayanan Ops Karantina Pertanian Sorong Drh. Sulistiawati…

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *