Operasi Sadar-02 Satgas RDB MONUSCO, Kombatan Serahkan Senjata dan Radio Batalyon Benin

oleh

JAKARTA, Operasi Sadar-02 Satgas RDB Monusco, berhasil menyadarkan kombatan untuk menyerahkan kembali senjata dan radio milik Batalyon Benin yang pernah dirampas di Distrik Sangumukoli, Provinsi Tanganyika.

Hal tersebut dikatakan Dansatgas Konga XXXXIX-A RDB MONUSCO, Kolonel Inf Dwi Sasongko, dalam rilis tertulisnya di Kalemie, Republik Demokratik Kongo, Rabu (06/11/2019).

Diungkapkan Dansatgas, berbagai senjata dan alat komunikasi yang diraih, merupakan hasil operasi lanjutan yang dilakukan pada dua minggu terakhir.

“Operasi menitikberatkan pada pencarian keberadaan senjata dan perlengkapan milik Batalyon Benin yang pernah dirampas oleh kelompok bersenjata 2018 lalu,” ujar Dansatgas.

“Pada dua minggu terakhir ini, kita menerima penyerahan dua pucuk senjata AK-47, satu pucuk RPG dan satu unit radio komunikasi SSB,” terangnya.

Menurutnya, dengan dipimpin Kapten Inf Agung Sedayu, Operasi Sadar-02 digelar di sekitar Distrik Sangumukoli, wilayah AOR COB Bendera.

“Selasa (5/11/2019) kemarin, secara resmi Satgas menerima penyerahan barang bukti dari tim Operasi Sadar-02 di Lapangan Soedirman. Keberhasilan ini merupakan hasil dedikasi, loyalitas dan semangat juang para prajurit Satgas Indo RDB di daerah penugasan,’’ jelasnya.

“Berkat adanya komunikasi yang aktif dan persuasif antara personel Satgas dengan Kepala Desa maupun Tokoh Adat, serta masyarakat di berbagai wilayah teritori Bendera, akhirnya mereka secara sukarela menyerahkan barang-barang hasil rampasan tersebut,’’ tuturnya.

Saat ini, senjata dan alat komunikasi yang diterima diserahkan kembali kepada Staf Disarmament Demobilization Repatriation Reintegration and Resettelement (DDR/RR) untuk proses lebih lanjut.

Terpisah, pemimpin Mai-Mai Apa Na Pale Mr.Mayaya mengatakan bahwa tiga pucuk senjata dan alat komunikasi tersebut memang benar berasal dari Batalion Benin yang pernah mereka ambush atau rampas pada tahun 2018 lalu.

“Ini sebagai niat baik kami dengan mengembalikan berbagai barang rampasan milik Batalion Benin kepada pihak Munusco yang diterima oleh Satgas Indo RDB,’’ ucap Mr.Mayaya.

Memasuki bulan terakhir, 61 pucuk senjata berhasil dikumpulkan Satgas Indo RDB Monusco dari eks kombatan, diantaranya 52 pucuk AK-47, satu pucuk pistol FN-45, dua pucuk Machine Gun, tiga pucuk RPG, dua pucuk Arquebus, satu pucuk mortir, satu buah granat, ratusan munisi, puluhan senjata tajam, ratusan busur dan ribuan anak panah.

Tim /Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *